Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud dan kontekstualisasinya dalam pendidikan

Harahap, Denggan Alwi Habib (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud dan kontekstualisasinya dalam pendidikan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak merupakan acuan yang sangat penting dalam mengatasi krisis dan kemerosotan akhlak pada saat ini. Kemerosotan akhlak terjadi karena kurangnya bimbingan dan pendidikan akhlak yang diberikan kepada manusia atau peserta didik. Salah satu acuan pendidikan akhlak yang dapat diberikan kepada manusia atau peserta didik adalah dengan mengkontekstualisasikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah Rasulullah SAW dengan para sahabat. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti dan menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud dan kontekstualisasinya dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud dan bagaimana kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah perang Uhud dalam pendidikan. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud dan untuk mengetahui kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah perang Uhud dalam pendidikan. Penelitian ini bersifat library research, yakni penelaahan terhadap beberapa literatur atau karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, yakni pengumpulan data dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel berupa buku, jurnal, kitab dan lain-lain yang berkaitan dengan judul skripsi. Adapun analisis data, peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis), yaitu sebuah analisis yang digunakan untuk menganalisis isi pesan dan mengelola pesan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah perang Uhud, yaitu: Amanah, yaitu sifat setia, tulus hati, dan jujur dalam melaksanakan sesuatu yang dipercayakan kepadanya. Cinta (mahabbah), yaitu kecintaan yang mendalam kepada seseorang yang membuat keterikatan dan kecenderungan kepada yang dicintai. Ikhlas, yaitu keadaan hati yang suci dalam mengamalkan perintah Allah SWT dan lapang dada menerima ketetapan Allah. Tawakal, yaitu menyerahkan dan menyandarkan diri kepada Allah setelah melakukan usaha dan ikhtiar. Sabar, yaitu menahan diri dari apa yang tidak disukai atau tabah menerimanya dengan rela. Adil, yaitu perlakuan yang menempatkan suatu perkara pada tempatnya. Pemberani (as-Syaja’ah), yaitu kondisi jiwa yang mampu menaklukkan rasa takut yang ada di dalam dirinya dan berbuat sesuai kehendaknya. Menghargai perbedaan pendapat, yaitu perilaku yang menunjukkan kelapangan hati terhadap perbedaan pandangan. Menepati janji (al�Wafa’), yaitu menunaikan dengan baik dan sempurna janji yang telah disepakati. Saling menasehati, yaitu sikap dan perilaku yang menegur dibarengi nasehat kepada seseorang supaya tidak mengulangi kesalahannya. Adapun kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kisah perang Uhud dalam pendidikan, yaitu pendidik menanamkan nilai-nilai amanah, kecintaan (mahabbah), ikhlas, tawakal, sabar, adil, pemberani (As�Syaja’ah), menghargai perbedaan pendapat, menepati janji (Al-Wafa’), dan saling menasehati tersebut terhadap peserta didik supaya peserta didik dapat menunjukkan sifat-sifat terpuji dalam kehidupannya dan memiliki kepribadian yang insan kamil yang sesuai dengan ajaran dan theologi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Anhar, MA dan Zulhammi, M.Ag.,M.Pd
Keywords: Nilai; Pendidikan Akhlak; Perang Uhud
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:54
Last Modified: 28 Apr 2021 06:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item