Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan

Junianti, Desi (2021) Pembelajaran membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Al-Quran adalah kalam Allah yang diturunkan untuk dijadikan pedoman hidup bagi manusia. Sebagai pedoman hidup bagi manusia maka seharusnya kita sebagai umatnya harus bisa membaca Al-Quran tetapi masih banyak juga dari yang belum benar dan fasih dalam membaca Al-Quran. Pondok Pesantren Syekh Muhammad Babussalam Basilam Baru dalam mengiku pembelajaran membaca Al-Quran nampaknya masih ada siswa yang bacaaannya dalam membaca Al-Quran baik dan adajuga yang masih kurang baik dan juga sebagian peserta didik juga kesulitan dalam menyebutkan makhorijul huruf dan masih kurang mengetahui hukum tajwidnya. Rumusan Masalah dalam penelitian adalah bagaimana pembelajaran membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Baru, apa problematika dalam pembelajaran membaca Al-Quran, dan apa upaya guru untuk meningkatkan pembelajaran membaca Al-Quran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan pembelajaran membaca Al�Quran, untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran membaca Al-Quran, dan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran membaca Al-Quran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 1 orang guru Al-Quran untuk data primer dan data sekunder 22 orang siswa serta 1 orang kepala yayasan. Adapun analisis data yang digunakan adalah klarifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran membaca Al-Quran di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Baqi Babussalam Basilam Baru yaitu dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yaitu hari Rabu dan Jumat dengan menggunakan metode Tilawah, Tartil dan Yanbu’a, tujuan pembelajaran adalah untuk mencetak regenarasi yang islami yang melahirkan hafidz-hafiz Quran. problematika dalam pembelajaran Al-Quran yaitu berbedanya latar belakang siswa, tingkat pengetahuan setiap peserta didik, minimnya, minat, dan keadaan sosial ekonomi, kurangnya fasilitas sarana dan upaya guru dalam meningkatkan yaitu dengan menambah jam pelajaran, dan membuat media sebelum melaksanakan pembelajaran dan menciptkan hubungan yang baik dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamdan Hasibuan, S.Pd., M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Pembelajaran; Membaca Al-Quran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:44
Last Modified: 28 Apr 2021 06:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item