Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Dongoran, Hetty Elisia (2021) Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620100075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya sarana prasarana seperti buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk pegangan siswa serta kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruhpendekatansaintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipiok Kabupaten Tapanuli Selatan? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipiok Kabupaten Tapanuli Selatan Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest posttest desigh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.Sampel berjumlah 25 orang untuk kelas eksperimen, dan 25 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Chi-Kuadrat, uji kesamaan variansi dan uji t. Hasil uji pesyaratan analisis data diperoleh dikelas sampel berdistribusi normal. Pengujian hipotesisi kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,063 denga α 5% dan dk = n1-1 n2 -1 = 48. Diperoleh daftar distribusi ttabel = 1,677 karena Thitung (2.063) >Ttabel (1,677) maka hipotesis penelitian ini dapat diterima. Melihat kondisi ini maka hipotesis penolakan H0 dan penerimaan Ha terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok KabupatenTapanuli Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pendekatan Saintifik; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:38
Last Modified: 28 Apr 2021 06:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item View Item