Harahap, Sumi Hardito (2021) Pola pendidikan asrama di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu Kecamatan Padang Bolak Tenggara Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan beranjak dari dulu bahwa kemauan santriyah dalam melaksanakan pola pendidikan asrama masih tinggi, mereka melaksanakann pendidikan asrama bukan unsur paksaan melainkan karna kemauan sendiri dan melihat sekarang bahwa kemauan santriyah menurun sehingga dalam pelaksanaan pola pendidikan asrama masih harus diarahkan dan diawasi dalam pelaksanaannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana pola pendidikan asrama di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara? Dan apa saja kendala atau hambatan dari pola pendidikan asrama di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, adapun sumber data primer dari penelitian ini iyalah santriyah kelas X Aliyah berjumlah 18 orang dan kelas XI Aliyah berjumlah 21 pembina asrama sebanyak 1 orang, data skunder iyalah guru yang bertempat tinggal di pondok pesantren sebanyak 2 orang, sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Pola pendidikan asrama di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasaribu. ini dapat dilihat dari segi pelaksanaan kegiatan muzakarah, shalat berjama’ah, pemberian mufradat, pengajian surat yasinan dan tablig, dan bagaimana metode yang guru buat dalam proses pembelajaran, dan kegiatan keseharian santriyah, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih harus di awasi dan di himbaun agar terlaksananya pendidikan asrama, sehingga kendala-kendala dalam pola pendidikan asrama tidak jadi penghalang bagi santriyah dalam melaksanakan pola pendidikan asrama. Dan kendala/hambatan pola pendidikan asram di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Nagasararibu iyalah: Kurangnya sarana prasarana di asrama, kurangnya kedisiplinan santriyah dalam pelaksanaan pendidikan di asrama, keterbatasan kemampuan wali santri dalam biaya pendidikan asrama terutama biaya makan para santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Pendidikan; Asrama; Pondok Pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 06:31 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6589 |
Actions (login required)
View Item |