Dasopang, Andi Saputra (2021) Komunikasi orang tua dan guru dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Kurangnya komunikasi orangtua dan guru dapat mempengaruhi perilaku siswa yang kurang baik seperti melakukan kenakalan, tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik, termasuk tidur di ruang kelas saat pembelajaran, tidak mengikuti apel pagi, tidak masuk di sekolah akan tetapi berangkat dari rumah, waktu sholat dzuhur tidak ikut solat berjamaah, merokok di lingkungan sekolah dan pacaran di lingkungan sekolah. Karena guru beranggapan bahwa jika ia laporkan berarti dia menganggap bahwa dia kurang mampu dalam membina anak dan membimbingnya.Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1) Bagaimana komunikasi Orang tua dengan anak di Rumah, 2) bagaimana komunikasi guru dengan siswa di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas, 3) Apa saja bentuk komunikasi orangtua dengan guru di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk menggambarkan komunikasi orangtua dan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa dan untuk mengetahui betapa pentingnya komunikasi orangtua dan guru dalam mengatasi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrument pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik pengelolaan dan analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi orangtua dan Guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas menggunakan Komunikasi Lisan, Satu Arah, Dua Arah dan Multiarah. Komunikasi dalam bentuk kerjasama yang dilakukan orangtua dan guru adalah: a) komunikasi lisan, yaitu berkomunikasi langsung antara orangtua dengan anak, orangtua dengan guru, dan guru dengan siswa, b) komunikasi satu arah yaitu komunikasi yang berbentuk perintah dan instruksi orangtua kepada anak dan guru kepada siswa, c) komunikasi dua arah yaitu komunikasi yang bersifat informatif dan persuasif, d) komunikasi multiarah yaitu komunikasi yang melibatkan interaksi yang dinamis antara guru dengan siswa dan orantua dengan anak. Kendala komunikasi orangtua dengan guru meliputi: a) kesibukan orangtua dalam mencari nafkah, b) latar belakang orangtua siswa yang rendah, c) kurangnya kerjasama antara guru dan orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd |
Keywords: | Komunikasi; Orangtua; Guru; Kenakalan Siswa |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 06:14 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6588 |
Actions (login required)
View Item |