Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen memilih air minuman aqua

Nasution, Asrul Azis (2021) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen memilih air minuman aqua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200218.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan salah satu konsumen yang mengkonsumsi air minuman aqua. Sebagian konsumen merasa dan tidak merasakan kepuasan terhadap air minuman aqua. Sebagian konsumen menganggap bahwa harga dari air minuman aqua terlalu mahal. Konsumen juga menganggap bahwa citra merek dan kualitas produk merupakan salah satu faktor yang terpenting bagi konsumen untuk memilih air minuman aqua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, citra merek, kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam? Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Harga merupakan suatu yang harus ditanggung konsumen atas suatu produk barang maupun jasa yang akan diperoleh konsumen. Citra merek adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk di benak konsumen. sedangkan Kualitas produk adalah kelengkapan fitur dan manfaat dari sebuah produk yang dihasilkan perusahaan dan kemampuan produk dalam memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 92 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar, uji asumsui klasik, uji regresi linier berganda, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasisawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdapat pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Secara simultan terdapat pengaruh harga, citra merek, kualitas produk terhadap kepuasan konsumen memilih air minuman aqua di lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, ST, MM dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Citra Merek; Harga; Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:13
Last Modified: 23 Apr 2021 04:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item View Item