Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia menggunkan model pembelajaran snowball throwing kelas V di SDN 200508 Sihitang

Hrp, Maisah Fitri (2021) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia menggunkan model pembelajaran snowball throwing kelas V di SDN 200508 Sihitang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620500092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang menoton dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran Snowball Throwing yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam peneitian ini yaitu apakah melalui model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V di SDN 200508 Sihitang. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SDN 200508 Sihitang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VA SDN 200508, Sihitang tahun ajaran 2020 yang terdiri 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas VA SDN 200508 Sihitang. Hal ini dibuktikan dengan pada tes awal presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 33,33% (9 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 59,07, siklus I pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 44,44% (12 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,48. Pada siklus I pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 51,85% (14 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 70,92. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,66% (18 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,11 dan pada siklus II pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 81,48% (22 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 82,40. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan presentase paling tinggi yaitu 81,48%, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, MA dan Hamidah, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Snowball Throwing
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:45
Last Modified: 23 Apr 2021 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6576

Actions (login required)

View Item View Item