Ashari, Yuna (2021) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep pada pokok bahasan transformasi goemetri di kelas XI Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Istiqomah, Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi transformasi geometri disebabkan model yang digunakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep Matematika. Siswa hanya menggunakan teknik menghapal rumus yang sudah ada akan tetapi tidak dengan memahami konsep dalam penurunan rumus. Sehingga siswa sangat kesulitan ketika guru memberikan soal-soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqomah pada pokok Bahasan Transformasi Geometri. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istoqomah, Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design Popolasi penelitia ini adalah siswa kelas XI-A dan kelas XI-B Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Huta Padang yang berjumlah 36 siswa. Sampel dalam penelitian diambil teknik cluster random sampling yaitu 36 siswa. Sampel kelas eksperimen (XI-A) yang diberikan perlakuan 18 siswa dan kelas kontrol (XI-B) yang tidak diberikan perlakuan 18 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,153 > ttabel = 2,0336, maka Ha diterima dan sebaliknya H0 ditolak. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh signifikansi model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri di Kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istoqomah, Huta Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd. dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Pemahaman Konsep; Transformasi Geometri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 03:35 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 03:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6572 |
Actions (login required)
View Item |