Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Evaluasi hasil belajar matematika pada materi operasi bentuk aljabar di SMP Negeri 4 Panyabungan

Suryani, Emmi (2021) Evaluasi hasil belajar matematika pada materi operasi bentuk aljabar di SMP Negeri 4 Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rata-rata tingkat prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 4 Panyabungan dikatakan masih rendah. Hal ini dapat terlihat adanya ketidakpuasan dari pihak siswa terhadap nilai yang diberikan oleh gurunya. Ketidakpuasan siswa juga dapat dilihat adanya komplain dari siswa terhadap nilai yang diberikan oleh guru tersebut dari evaluasi hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar matematika pada materi operasi bentuk aljabar di SMP Negeri 4 Panyabungan, Bagaimanakah hasil evaluasi belajar matematika pada operasi bentuk aljabar di SMP Negeri 4 Panyabungan, siswa dituntut lebih berperan untuk lebih berperan aktif. Artinya siswa harus didorong untuk melakukan berbagai aktivitas belajar yang membantu siswa untuk menemukan sebuah konsep, bukan hanya sekedar menerima informasi dari guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari Observasi di SMP Negeri 4 Panyabungan, Wawancara secara langsung dengan guru matematika. Dan dengan menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari sumber-sumber data dapat berupa buku-buku, dokumen, arsip dan lainnya yang ada kaitannya dengan masalah yang hendak diteliti dengan cara melihat dan mengamati langsung. Dalam penelitian ini di dukung oleh dokumentasi terhadap masalah yang dideskripsikan. Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa evaluasi hasil belajar matematika yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika adalah (1) siswa kurang mengerti dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru matematikanya, (2) kurangnya konsentrasi siswa dalam memperhatikan penjelasan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mempraktikannya dalam pembelajaran, mengenali siswanya terlebih dahulu agar evaluasi hasil belajar dapat meningkat dan bisa ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan motivasi, melihat seberapa jauh kemampuan peserta didiknya dalam kegiatan proses mengajar. Kurangnya keinginan siswa dalam belajar matematika sehingga guru mengulang kembali materi yang lalu dimana keadaan ini menghambat pembelajaran matematika, keadaan lingkungan yang kurang mendukung, dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd
Keywords: Evaluasi Hasil Belajar Matematika; Operasi Bentuk Aljabar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:36
Last Modified: 12 Apr 2021 02:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6567

Actions (login required)

View Item View Item