Sari, Diah Permata (2021) Strategi pengembangan usaha Rumah Makan Muslim Tomyam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya persaingan bisnis, khususnya di bidang bisnis kuliner yang sangat berkembang dapat memberikan efek baik dan buruk bagi setiap bisnis. Lokasi rumah makan yang jauh dari pusat kota dan harga yang terbilang mahal akan tetapi rumah makan masih ramai pelanggan, dimana perusahaan harus dituntut untuk terus menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan, khususnya Rumah Makan Muslim Tomyam untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang yang berasal dari dalam maupun dari luar rumah makan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan internal dan eksternal perusahan dan posisi perusahaan saat ini, serta alternatif strategi yang dapat digunakan untuk dapat mengembangkan perusahaan. Lokasi dan waktu penelitian ini adalah Rumah Makan Muslim Tomyam, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah struktular perusahaan dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan teknik pengolahan data yaitu menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan Matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total skor hasil dari nilai matriks IFE yaitu 2.94, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari nilai matriks EFE yaitu 2.79. Kemudian hasil dari kedua nilai total skor IFE dan EFE digabungkan dan diperoleh matriks IE dengan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Maka posisi matriks IE pada sel V dibagian kedua yaitu jaga dan pertahankan. Selanjutnya setelah IFE,EFE dan IE, maka di dapatkan matriks SWOT yaitu dengan strategi SO dengan memiliki relasi yang baik dengan para konsumen dan menjaga kualitas cita rasa rumah makan dan memiliki hubungan yang baik dengan para pemasok bahan baku meningkatkan mutu bahan baku yang segar dan terjaga. Strategi WO yaitu lokasiyang sulit di jangkau karena jauh dari Pusat Kota sudah bisa dibeli melalui jasa delivery online dan menambah fasilitas pada rumah makan untuk memberikan kenyamanan bagi para konsumen, strategi ST dengan menjaga dan mempertahankan kualitas cita rasa yang dimiliki agar para pelanggan tetap memilih membeli di rumah makan ini, strategi WT mencoba mengurangi tingkat harga bahan baku untuk menghindari harga lebih tinggi dari pada pesaing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Rini Hayati Lubis, MP |
Keywords: | Strategi; Analisis SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 01:17 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 01:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6559 |
Actions (login required)
View Item |