Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada pokok materi kubus dan balok di kelas VIII3 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Yanti, Nora (2020) Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) pada pokok materi kubus dan balok di kelas VIII3 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penalaran Matematik siswa pada saat pembelajaran, penyebab rendahnya penalaran Matematik siswa tersebut dikarenakan siswa tidak mampu dan kebingungan mengerjakan soal yang lain dari contoh yang diberikan oleh guru.Berdasarkan latarbelakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan penalaran Matematik siswa di kelas VIII3 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran Matematik siswa khususnya pada pokok materi kubus dan balok melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Yakni kemampuan penalaran Matematik siswa menunjukkan peningkatan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi kubus dan balok di kelas VIII3 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Pada pra siklus persentase ketuntasan penalaran Matematik siswa adalah 21,74% (5 orang), pada siklus I pertemuan 1 pesentase ketuntasan siswa adalah 47,83% (11 orang), pada siklus I pertemuan 2 persentase ketuntasan siswa adalah 60,87% (14 orang). Pada siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan siswa adalah 73,91% (17 orang), pada siklus II pertemuan 2 persentase ketuntasan siswa adalah 86,95% (20 orang). Persentase ketuntasan penalaran Matematik siswa di atas telah mencapai 80% dari jumlah siswa, sehingga penelitian ini dikatakan sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Realistic Mathematics Education; RME; Kemampuan Penalaran Matematik; Kubus; Balok
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:55
Last Modified: 18 Mar 2021 02:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item View Item