Ilhamuddin, Ilhamuddin (2020) Pengaruh model problem based instruction berbantuan software cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII MTs. Muhammadiyah - 8 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Peneliti melihat bahwa siswa di MTs. Muhammadiyah 8 - siabu tingkat kemampuan pemecahan masalah masih rendah disebabkan guru jarang memberikan latihan dan pembelajaran masih terfokus pada teori saja. Guru masih memberikan konsep hafalan rumus tanpa membuat suatu konsep yang dimana bisa membangun potensi siswa dalam menyelesaikan suatu masalah. Peneliti juga melihat proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga guru lebih aktif dibandingkan dengan siswa. Dalam hal ini pembelajaran masih kurang komunikasi antara guru dan siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Instruction berbantuan Software Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah bangun ruang di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah 8 - siabu?.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Instruction berbantuan Software Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah bangun ruang di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah 8 - siabu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, sedangkan instrumennya adalah tes (pre-test dan posttest). Pupulasinya berjumlah 48 siswa. Karena populasinya kurang dari 100, maka sampel dalam penelitian ini adalah populasi itu sendiri yang jumlahnya 48 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk Essay yang terdiri dari 5 soal untuk pre-test dan 5 soal untuk posttest. Untuk mengetahui pengaruhantara model Problem Based Instruction berbantuan Software Cabri 3Dterhadap kemampuan pemecahan masalahbangun ruang di Kelas VIII MTS Muhammadiyah 8 siabu, maka data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan metode kuantitatif dengan rumus uji Normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian uji Normalitas dan uji homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan pengujian uji t diperoleh = 2,708 dan 2,012. Dengan demikian, t berada di daerah penerimaan, Dimana : > , artinya terdapat signifikan pengaruh model Problem Based Instruction berbantuan Software Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalahbangun ruang di Kelas VIII MTs. Muhammadiyah 8 - siabu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Almira Amir, M.Si dan Suparni, S.Si, M.Pd |
Keywords: | Model Problem Based Instruction; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 03:56 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 03:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6513 |
Actions (login required)
View Item |