Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan media gambar dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan Kecamatan Angkola Timur

Harahap, Deswinda (2020) Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan media gambar dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena taraf berpikir anak SD masih operasional konkret sedangkan karakteristik Matematika yang abstrak. Seperti yang dikemukakan Dr. Suparni, S.Si.,M.Pd dalam tesisnya. Oleh karna itu mengakibatkan rendahnya pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan media gambar dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Maka untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa peneliti menawarkan media gambar dalam menyelesaiakan penjumlahan dan pengurangan pecahan.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa kelas IV SDN 100308 Panompuan pada pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa dalam menyelesaiakan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan di SD Negeri 100308 Panompuan melalui penerapan media gambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100308 Panompuan. Dengan subjek penelitian kelas IV SD yang berjumlah 22 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman konsep matematika siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan dapat meningkat melalui media gambar di kelas IV SD Negeri 100308 panompuan. Peningkatan hasil belajar siswa itu dapat dilihat pada indikator tindakan, dimana siswa sudah melewati nilai KKM (75) dengan nilai rata-rata 80,00 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,36%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 100308 Panompuan. Maka hipotesis penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Media Gambar; Pemahaman Konsep Matematika; Penjumlahan; Pengurangan Pecahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 10 Mar 2021 03:38
Last Modified: 10 Mar 2021 03:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6511

Actions (login required)

View Item View Item