Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di hotel (studi kasus pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan)

Fadly Harahap, Muhammad (2021) Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan di hotel (studi kasus pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1440200113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya Kepuasan konsumen Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan terhadap konsumen dapat dilihat dan segi pengalaman konsumen, harapan konsumen, kesediaan unttuk merekomendasi, dapat memenuhi kebutijhan pelanggan, pelayanan yang diberikan memuaskan Adapun rumusan masalahnya ialah diperlukannya perhatian besar dan para. pengelola hotel untuk kualitataf pelayanan yang lebih baik. Adapun tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Pemabahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran sehubungan dengan itu dilakukan pendekatan dengan teori kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Teori kualitas pelayanan adalah ukuran seberapa baik tingkat jasa yang diberikan sesuai harapan konsumen. Teori kepuasan pelanggan adalah hasil penilaian apa yang diharapkan dengan membeli atau mengkomsumsi suatu produk atau jasa. Penelian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket, dengan jumlah sampel 100 konsumen. Maka analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistic deskriptif, uji normalitas, uji lineritas dan uji regresi linear sederhana, untuk uji hipotesis adalah uji t dan uji koefisien determinasi R2. Dengan menggunakan program SPSS Versi 23 diperoleh hasil pengukuran regresi linear sederhana dengan persamaan Y= 24,685 + 0,569 menunjukkan variabel kualitas pelayanan secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,569 %. Hal ini dapat diartikan jika peningkatan terhadap kualitas pelayanan semakin baik, maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Hasil penelitian secara parsial ( uji t ) menyatakan bahwa Berdasarkan hasil output dapat dilihat bahwa ttabel untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 4,293 sedangkan ttabel dengan df= n-2 atau 100-2= 98 diperoleh 1,984 ini berarti thitung > ttabel (4,293>1,984) dan tingkat signifikasi yang diperoleh 0,000 < (0,05) maka Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa dan hasil pengujian parsial koefisien kualitas pelayanan berpengaruh signfikan terbadap kepuasan konsunlen mengguuakan jasa Hotel Natama Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. dan H.Ali Hardana,M.Si
Keywords: Kepuasan Pelanggan; Kualitas Pelayanan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 05 Mar 2021 08:20
Last Modified: 05 Mar 2021 08:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item