Batubara, Laila Mustika (2020) Analisis determinan penerapan etika bisnis Islam pedagang muslim di Pasar Pagi Kelurahan Pijorkoling. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Etika Bisnis Islam merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam kehidupan bertransaksi, semua perilaku bisnis yang dilakukan harus sesuai dengan ajaran syariat Islam. Namun dalam pasar pagi Kelurahan Pijorkoling masih ada beberapa pedagang yang melakukan transaksi tidak sesuai dengan etika bisnis Islam sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul analisis determinan penerapan etika bisnis Islam di pasar pagi Kelurahan Pijorkoling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan terhadap penerapan etika bisnis Islam pedagang muslim di pasar pagi Kelurahan Pijorkoling secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan terhadap penerapan etika bisnis Islam pedagang muslim di pasar pagi Kelurahan Pijorkoling secara parsial dan simultan. Dalam prinsip etika bisnis Islam syarat mencapai keberkahan yaitu jujur dalam takaran, menjual barang yang baik mutunya, dilarang menggunakan sumpah, longgar dan bermurah hati, membangun hubungan baik antar kolega, tertib administrasi dan menetapkan harga dengan transparan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi dengan jumlah sampel 53 responden dengan teknik simple random sampling yaitu cara pengambilan sampel secara acak dari anggota populasi tanpa mempedulikan tingkatan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi SPSS 23 menunjukkan bahwa variabel tauhid mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam, variabel keseimbangan tidak mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam, variabel kehendak bebas tidak mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam, variabel tanggung jawab mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam dan variabel ihsan mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam. Secara simultan variabel tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan ihsan mempunyai pengaruh terhadap penerapan etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, MA dan Aliman Syahuri Zein, S.E.I, MEI |
Keywords: | Tauhid; Keseimbangan; Kehendak Bebas; Tanggung Jawab; Ihsan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 03:52 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 03:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6492 |
Actions (login required)
View Item |