Siregar, Lenni Syah (2020) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian luwak white koffie (studi di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540200051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah sebagian besar masyarakat Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan mengkonsumsi kopi yang bermerk Luwak White Koffie, padahal Luwak White Koffie harganya lebih mahal dibandingkan produk keluaran Indofood lainnya seperti ABC White Coffee dan Cappuccino, yang mungkin saja kualitas kopi yang lain lebih bagus, tetapi mereka tetap memilih Luwak White Koffie. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh secara simultan antara harga, citra merek, dan kualitas produk, terhadap pembelian Luwak White Koffie di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara harga, citra merek, dan kualitas produk, terhadap pembelian Luwak White Koffie di Kelurahan Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan konsumen, harga, citra merek dan kualitas produk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 69 responden dengan menggunakan rumus jumlah populasi yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, sumber data yaitu primer dan sekunder, dan pengumpulan data adalah teknik-teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan SPSS versi 23. Alat analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolenieritas, uji heterokedastisitas, uji koefisien determinasi (R square), analisis regresi berganda, uji-t dan uji signifikan simultan (F). Hasil penelitian diperoleh R square sebesar 0,270 atau 27,00 persen menunjukkan harga, citra merek dan kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 27,00 persen dan sisanya 73,00 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Untuk variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan konsumen dibuktikan dengan nilai thitung (2,306) > nilai ttabel (1,668) . Untuk variabel citra merek terdapat pengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung (3,829) > nilai ttabel (1,668), dan untuk variabel kualitas produk tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung (0,818) < nilai ttabel (1,668). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam mengkonsumsi Luwak White Koffie dikalangan masyarakat Losung Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST, MM dan Damri Batubara, M.A |
Keywords: | Harga; Citra Merek; Kualitas Produk; Keputusan Konsumen |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 02:24 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 02:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6489 |
Actions (login required)
View Item |