Purwanto, Dwi (2020) Strategi bisnis Coffee Shop Marcoffee di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540200045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Coffee shop sudah semakin diminati oleh masyarakat di Kota Padangsidimpuan. Semakin banyaknya coffee shop di Kota Padangsidimpuan, tentunya membuat persaingan bisnis semakin ketat. Coffee Shop Marcoffee tentunya memiliki strategi bisnis dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya di tengah banyaknya coffee shop lainnya di Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi bisnis Coffee Shop Marcoffee di Kota Padangsidimpuan dan anlisis Matriks TOWS Marcoffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis Coffee Shop Marcoffee, analisis SWOT Marcoffee dan analisis Matriks TOWS pada Marcoffee. Dalam penelitian ini, peneliti memakai teori-teori strategi bisnis dan halhal penting yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan peneliti. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang dilengkapi dengan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Coffee Shop Marcoffee memiliki strategi bisnis Word Of Mouth (WOM) yaitu strategi yang dimana konsumen memberitahu kepada konsumen lainnya tentang produk yang dijual secara alamiah, sedangkan analisis matriks TOWS yang didapatkan melalui analisis SWOT Coffee Shop Marcoffee, terbagi menjadi empat bagian, yaitu: a). Strategi Strength-Opportunities, yaitu untuk memperkuat produk kopi Marcoffee sebagai nilai jual, apalagi dengan semakin banyaknya kuantitas budaya nongkrong masyarakat di Kota Padangsidimpuan. b). Strategi Strength-Threats, yaitu produk yang diubah lebih milenial sehingga membuat konsumen dengan rentang usia muda semakin bertambah apalagi dengan kekuatan produk kopi Marancar yang khas dan agak berbeda dari coffee shop lainnya. c). Strategi WeaknessOpportunities, Marcoffee mengadakan diskon, promo-promo khusus dan live music untuk mengubah kelemahan selama ini menjadi sebuah peluang berharga. d). Strategi Weakness-Threats, memantau perkembangan coffee shop yang ada di Kota Padangsidimpuan dan mempelajari trend coffee shop terbaru, sehingga Marcoffee mampu mengatasi kelemahan dan ancaman di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Strategi Bisnis; Coffee Shop; Analisis SWOT; Analisis Matriks TOWS |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 02:17 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 02:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6488 |
Actions (login required)
View Item |