Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum Bulog Cabang Padangsidimpuan

Kholilah, Siti (2020) Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum Bulog Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200291.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya masyarakat beranggapan bahwa beras di Perum Bulog memiliki kualitas yang kurang baik. Dan sebagian masyarakat hanya mengetahui bahwa di Perum Bulog hanya ada beras raskin, masyarakat kurang mengetahui bahwa beras raskin sudah di ganti dengan beras premium. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum Bulog Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum Bulog Cabang Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori Keputusan pembelian, proses pengambilan keputusan pembelian dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, teori brand image, mamfaat brand image, teori kualitas produk dan pandangan Islam tentang kualitas produk. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan jumlah sampel 87 orang. Pengelolahan data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji koefisien diterminan (R2), uji analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (simultan) Hasil penelitian secara parsial (uji t) Brand Image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan (uji F), Brand image dan Kualitas produk berpengarug signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan tingkat pengaruhnya dapat dilihat dari uji hipotesis, dimana R square variabel Sebesar Empat Puluh Delapan Koma Delapan Persen dipengaruhi oleh variabel ini dan Lima Puluh Satu Koma Dua Persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelituan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Ja'far Nasution LC., M.E.I
Keywords: Brand Image; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:49
Last Modified: 04 Mar 2021 01:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6485

Actions (login required)

View Item View Item