Suryani, Ade Irma (2020) Strategi bauran pemasaran beras dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada bidang komersil Perum Bulog Kantor Cabang Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200276.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perum BULOG sebagai lembaga pangan yang ditugaskan pemerintah yang dibebani tanggung jawab dalam mengendalikan stok beras dan menjaga stabilitas harga tanpa terkecuali dalam bidang komersial yang saat ini sudah memiliki brand sendiri dengan kualitas premium dan medium. Akan tetapi dalam hal penjualan produk, sebagian masyarakat masih memiliki opini yang kurang tepat terhadap kualitas produk beras BULOG karena kurangnya promosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi bauran pemasaran beras yang diterapkan oleh Perum BULOG? dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran beras yang diterapkan oleh Perum BULOG dan tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan wawasan dan khasanah keilmuan bagi peneliti, dan bagi Perum BULOG sebagai dasar untuk pengambilan keputusan serta menambah wawasan bagi peneliti selanjutnya. Strategi bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi yang dijalankan perusahaan, yang berkaitan dengan penentuan bagaimana perusahaan menyajikan penawaran produk pada segmen pasar tertentu, yang merupakan sasaran pasarnya. Pemasaran syariah adalah penerapan suatu disiplin bisnis strategis yang sesuai dengan nilai dan prinsip syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu karyawan yang bekerja di bagian Komersial pada Perum BULOG Kantor Cabang Padangsidimpuan dan pelanggan maupun konsumen yang membeli beras BULOG. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Strategi bauran pemasaran beras pada aspek produk yaitu dengan memperhatikan kualitas beras dengan derajat sosoh, broken, dan kadar air yang baik. Pada aspek harga yaitu sesuai dengan harga pasar dan wajib dibawah harga pemerintah. Pada aspek tempat yaitu menjual produk secara eceran, dan melalui outlet-outlet BULOG. Pada aspek promosi yaitu secara langsung dan melalui media sosial. ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, BULOG sudah menerapkan sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Akan tetapi pada unsur promosi masih perlu ditingkatkan. Karena masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya mengetahui tentang beras BULOG yang sudah memiliki brand sendiri yang memiliki kualitas premium dan medium.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd |
Keywords: | Strategi Bauran Pemasaran; Beras; Perspektif Ekonomi Islam |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 01:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 01:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6483 |
Actions (login required)
View Item |