Harahap, Tilamria (2020) Strategi pengembangan usaha Swalayan Yasir dengan metode analisis SWOT (studi kasus Swalayan Yasir Pijorkoling). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200162.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya persaingan bisnis khususnya dunia usaha yang sangat berkembang yang dapat memberikan efek yang baik dan buruk bagi setiap perusahaan bisnis, dimana perusahaan dituntut untuk terus menganalisis lingkungan internal dan eksternal bagi perusahaan khususnya Swalayan Yasir. Masalah yang ada pada penelitian ini yaitu stratrgi apa yang dilakukan Swalayan Yasir untuk meningkatkan pengembangan usaha serta mengetahui apa saja dampak negatif, kekuatan, ancaman dan juga peluang untuk menarik masyarakat agar tetap bertahan di perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan posisi perusahaan saat ini, serta alternatif strategi yang dapat di gunakan untuk mengembangkan suatu perusahaan. Pembahasan pada penelitian ini berkaitan tentang pengembangan Swalayan Yasir dengan metode analisis SWOT dimana dengan teori ilmu yang mempelajari tentang strategi dan pengembangan usaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah struktular perusahaan dengan sumber data yang di gunakan adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan kuesioner, dan teknik pengolahan data yaitu menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total skor hasil dari nilai Matriks IFE yaitu 2,61, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari nilai Matriks EFE yaitu 2,57. Kemudian hasil dari kedua nilai total skor IFE dan EFE di gabungkan dan diperoleh Matriks IE dengan strategi Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk. Maka posisi Matriks IE pada sel V dibagian kedua yaitu Jaga dan Pertahankan. Selanjutnya yaitu setelah IFE, EFE dan IE, Maka didapatkan Matriks SWOT yaitu dengan Strategi SO Memperbanyak jenis produk untuk Swalayan Yasir dalam bahan pertimbangan konsumen, Membagi tugas kepada sebagian karyawan gudang untuk penjemputan barang langsung ke produsen penyedia barang untuk Swalayan Yasir. Strategi WO Mengatur ulang jadwal kerja karyawan untuk meningkatkan kualitas disiplin kerja karyawan, Meningkatkan pengawasan pemilik maksimal tiga kali dalam seminggu. Strategi ST Penguatan dan pengembangan kerjasama jangka panjang dengan menyediakan produk yang berkualitas di Swalayan Yasir untuk menjamin masyarakat dalam berbelanja yang telah tersedia. Strategi WT Memperluas daerah pasar pembelian bahan baku di Swalayan Yasir Pijorkoling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nofinawati, MA dan Sry Lestari, M.E.I |
Keywords: | Strategi; Pengembangan Usaha; Analisis SWOT |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 08:16 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 08:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6476 |
Actions (login required)
View Item |