Sukriana, Sukriana (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Baharuddin Janjimauli MT. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang dirasakan siswa dan guru dalam belajar, salah satunya yaitu tentang kurang aktifnya siswa dalam belajar dan kurang bervariasinya cara mengajar guru atau terlalu monoton sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat dalam belajar. Hal ini dapat dilihat pada nilai hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diraih siswa jauh dari apa yang diharapkan itu dikarenakan banyak siswa yang memilih diam dalam belajar karena pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sangatlah kurang. Ketika diberikan soal-soal latihan siswa kesulitan dalam menjawab soal-soal tersebut. Dengan demikian peneliti meyakini bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Matematika materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII Yayasan Pondok Pesantren Modern Madrasah Tsanawiyah Swasta Baharuddin? sehingga yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Matematika materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII Yayasan Pondok Pesantren Modern Madrasah Tsanawiyah Swasta Baharuddin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII Yayasan Pondok Pesantren Modern Madrasah Tsanawiyah Swasta Baharuddin Tahun Pelajaran 2020/2021 semester I yang berjumlah 67 siswa. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik Sampling Population. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa di kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa di kelas VIII-II sebagai kelas kontrol dengan menggunakan tes berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal materi Relasi dan Fungsi. Tekhnik analisis data yaitu menggunakan uji analisis data yaitu analisis data awal Pre Tes dan data akhir Post Tes dengan menggunakan uji Normalitas, Homogenitas uji Kesamaan dan uji Perbedaan Ratarata Varians. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Matematika Materi Relasidan Fungsi di kelas VIII Yayasan Pondok Pesantren Modern Madrasah Tsanawiyah Swasta Baharuddin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim Daulay, M. Ag dan Nur Fauziah Siregar, M. Pd |
Keywords: | Student Teams Achievement Division; Hasil Belajar Matematika dan Relasi dan Fungsi |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 02:48 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 02:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6471 |
Actions (login required)
View Item |