Daulay, Hania (2020) Pengaruh model pembelajaran example non example terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di Kelas VIII Mts Pondok Pesantren Al-Yusufiah Huta Holbung. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya memaksimalkan dalam mengekspresikan ide-ide matematik, menginterpretasikan, mengevaluasi ide-ide matematik, dan menggunakan istilah/notasi matematika pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII Pondok Pesantren Al-Yusufiyah Huta Holbung pada materi SPLDV. Salah satu penyebabnya adalah saat proses pembelajaran guru belum memanfaatkan model pembelajaran dengan tepat dan baik, sehingga menyebabkan kurangnya eksplorasi yang dilakukan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran example non example terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Yusufiah Huta Holbung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunkan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Yusufiah Huta Holbung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Dalam peneltian ini, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analaisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis adalaha dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matemtis siswa dengan menggunakan model pembelajaran example non example, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0.05, hasilnya diperoleh thitung > ttabel dengan taraf nnyata 5% sehingga 3.195 >2,012. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas control. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 79 dan rata-rata kelas control sebesar 65. Hal itu membuktikan adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan Sisten Presamaan Linear Dua Variebel (SPLDV) di kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Yusufiah Huta Holbung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S. Si., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Example Non Example; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 07:12 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 07:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6470 |
Actions (login required)
View Item |