Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model kooperatif team games tournament (TGT) pada pokok bahasan aljabar di kelas VII MTs S Pondok Pesantren Modren Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan.

Rambe, Devi Permatasari (2020) Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model kooperatif team games tournament (TGT) pada pokok bahasan aljabar di kelas VII MTs S Pondok Pesantren Modren Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang menoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam peneitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan aljabar di Kelas VII MTs S Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VII-C MTs S Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan tahun ajaran 2020 yang terdiri 27 siswa. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 61,66 menjadi 62,40 kemudian pada pertemuan II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari rata-rata siklus I pertemuan I sebesar 62,40 menjadi 66,85. Pada siklus II pertemuan I tetap mengalami peningkatan rata-rata yaitu dari nilai rata-rata siklus I pertemuan II sebesar 66,85 menjadi 72,77 dan pada pertemuan II nilai rata-rata semakin meningkat menjadi 75,55. Dengan kata lain persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 25,92% kemudian pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33,33% meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 44,44%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 62,96% dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 77,77%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, model kooperatif Teams Games Tournament (TGT), Aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mariam Nasution, M.Pd, dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar; Model Kooperatif Teams Games Tournament (TGT); Aljabar.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:18
Last Modified: 03 Mar 2021 07:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item