Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada pokok materi persamaan linear satu variabel (plsv) di kelas VII MTs S Pondok Pesantren Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan

Kinanthi Umi, Anggraini (2020) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada pokok materi persamaan linear satu variabel (plsv) di kelas VII MTs S Pondok Pesantren Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan kreatif. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat digunakan model pembelajaran berbasis masalah yang mengharuskan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Di Kelas VII MTs S Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan. Rumusan masalah ini merupakan tujuan dalam penelitian ini. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VII-E MTs S Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok materi Persamaan Linear satu variabel (PLSV) di kelas VII-E MTs S Pondok Pesantren Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan. Hal ini dibuktikan dengan siklus peningkatan kemampuan berpikir kritis pada keseluruhan hasil belajar. Ketuntasan berpikir kritis siswa pada siklus I pertemuan I dari 26,92% meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 46,15% dan pada siklus II peretmuan I dari 61,53% meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 84,61%. Dengan demikian peningkatan kemampun berpikir kritis siswa di kelas VII-E MTs S Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Angkola Selatan yang dicapai melalui model pembelajaran berbasis masalah sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 84,61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si.,M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010302 Numerical Solution of Differential and Integral Equations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:20
Last Modified: 03 Mar 2021 07:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item