Harahap, Rosni Dayani (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok himpunan melalui model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) di Kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Althowifin Desa Batang Baruhar Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih banyak siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal Matematika termasuk materi himpunan, hal ini disebabkan siswa masih kurang menguasai konsep-konsep yang ada pada pokok bahasan himpunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelaksanaan penerapan model STAD serta apakah dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar himpunan di kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Dengan tujuan untuk melihat pelaksanaan penerapan metode STAD dan dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar himpunan di kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Althowifin, Desa Batang Baruhar Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Althowifin Jabal Tho’at Desa Batang Baruhar Julu Kabupaten Padang Lawas Utara pada tahun ajaran 2019-2020 semester satu yang terdiri dari 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh membuktikan meningkatnya hasil belajar Matematika siswa yaitu sebagai berikut: peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa terdapat 5 orang siswa yang tuntas dengan persentase 22,73% tes kemampuan awal, 9 orang siswa yang tuntas dengan persentase 40,91% Siklus I pertemuan ke-1, 12 orang siswa yang tuntas dengan persentase 54,55% Siklus I pertemuan ke-2, 15 orang siswa yang tuntas dengan persentase 68,18% Siklus II pertemuan ke-1, 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase 86,36% Siklus II pertemuan ke-2. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II meningkat Maka penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Drs. H. Agus Salim Daulay, M.Ag |
Keywords: | Model Student Team Achievement Divisions; Hasil Belajar dan Himpunan |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:42 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6464 |
Actions (login required)
View Item |