Salmah, Zaitun (2020) Penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran bahasa indonesia materi membaca di kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620500050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini dilakukan berawal dari wawancara dengan salah satu guru di SD Negeri 200503 Padangsidimpuan yang mengatakan bahwa hasil belajar siswa bahasa Indonesia rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga kurang menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa materi membaca di kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dapat meningkat materi membaca di kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II dengan satu pertemuan. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai guru sedangkan wali kelas berperan sebagai observer. Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes yaitu berbentuk Essay Test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Sebelum siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 23,33% (7 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,33. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 50% (15 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,21. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 66,66% ( 20 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,80. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 83,33% (25 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,58. Hal tersebut meningkat dan mengalami perubahan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti S.Si., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati M.Pd |
Keywords: | Metode Latihan; Hasil Belajar; Membaca |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 02:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 02:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6446 |
Actions (login required)
View Item |