Siregar, Dewi Indriani (2020) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian perabot rumah tangga secara kredit : studi kasus pada ibu-ibu rumah tangga di Desa Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200219.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kecenderungan ibu-ibu rumah tangga di Desa Sihiuk lebih banyak melakukan pembelian perabot rumah tangga secara kredit. Meskipun pendapatan sebahagian masyarakat tergolong mampu untuk melakukan pembelian perabot rumah tangga secara tunai, demikian juga harga yang diperoleh dengan sistem kredit lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian secara tunai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pendapatan, kepribadian dan budaya berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian perabot rumah tangga secara kredit pada ibu-ibu rumah tangga di Desa Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, kepribadian dan budaya terhadap keputusan pembelian secara kredit pada ibu-ibu rumah tangga di Desa Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas Teori yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan perilaku konsumen yaitu yang berhubungan dengan faktor yang memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian diantaranya faktor pendapatan, kepribadian dan faktor budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan sampel sebanyak 57 responden dengan teknik insidental sampling. Data yang digunakan yaitu data primer dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinan (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan perhitungan statistik SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian sumbangan variabel independen (pendapatan, kepribadian dan budaya) terhadap dependen (keputusan pembelian) sebesar 15,6% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan secara parsial pendapatan dan kepribadian tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dan memiliki hubungan yang negatif, sedangkan budaya secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan mempunyai hubungan yang posistif. Sedangkan secara simultan variabel pendapatan, kepribadian dan budaya berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Darwis Harahap, S.HI, M.Si, dan Arti Damisa, M.E.I |
Keywords: | Keputusan Pembelian; Pendapatan; Kepribadian; Budaya |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 01:25 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 01:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6415 |
Actions (login required)
View Item |