Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis efisiensi saluran pemasaran karet di Desa Batu Tambun Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Nur Hikma (2020) Analisis efisiensi saluran pemasaran karet di Desa Batu Tambun Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200263.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Karet alam merupakan salah satu komoditi pertanian yang penting, baik untuk lingkungan internasional dan teristimewa bagi Indonesia. Karet merupakan salah satu hasil pertanian terkemuka karena banyak menunjang pendidikan Negara. Selanjutnya, karet dikembangkan menjadi tanaman perkebunan yang tersebar dibeberapa wilayah. Banyak perkebunan karet yang tersebar diberbagai provinsi, salah satunya adalah Provinsi Sumatera Utara. Teori yang digunakan dalam mendukung penelitian ini adalah pengertian pemasaran, fungsi pemasaran, dan konsep pemasaran, selanjutnya pengertian saluran pemasaran, fungsi saluran pemasaran, lembaga-lembaga dan rantai saluran pemasaran yang digunakan, kemudian untuk mengetahui berapa margin pemarasan, efisiensi pemasaran, karakteristik karet yang baik serta menjelaskan pemasaran menurut perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengambilan sampel petani dengan metode purposive sampling dengan persyaratan sebagai berikut: pohon karet berumur 20-25 tahun, jenis karet variasi lokal dan luas lahan 1 Ha. Total sampel petani 30 orang dan pedagang 4 orang. Hasil yang diperoleh oleh saluran 1 dari petani ke pedagang atau 43,33% kemudian pedagang ke pedagang besar dan kemudian ke pabrik. Saluran 2 dari petani ke pedagang besar atau 56,67% dan kemudian ke pabrik. Saluran pemasaran 1 diperoleh margin yaitu Rp.3.500,00/kg, keuntungan pemasaran yaitu Rp.10.812,34/kg, bagian yang diterima petani yaitu 74,07% dan efisiensi pemasaran yaitu 19,91%. Saluran pemasaran 2 margin yaitu Rp.3.000,00/kg, keuntungan pemasaran yaitu Rp.11.823,72/kg, bagian yang diterima petani yaitu 77,78% dan efesiensi pemasaran sebesar 12,42%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Sry Lestari, M.E.I
Keywords: Efisiensi; Saluran; Pemasaran; Petani Karet; Pedagang
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 19 Mar 2021 01:28
Last Modified: 19 Mar 2021 01:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6412

Actions (login required)

View Item View Item