Sakinah, Nur (2020) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan sim card Telkomsel. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200098.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh persaingan bisnis SIM Card yang semakin ketat. Perusahaan selalu berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen agar menciptakan pelanggan yang loyal. Akan tetapi SIM Card Telkomsel selalu menguasai pasar yang memiliki jumlah pelanggan paling tinggi. Masyarakat Lingkungan II Kelurahan Panyanggar Kecamatan Padangsidimpuan Utara banyak yang menggunakan SIM Card Telkomsel. Oleh karena itu ada beberapa faktor yang memengaruhi masyarakat loyal terhadap SIM Card Telkomsel. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk, citra merek, promosi terhadap loyalitas pelanggan SIM Card Telkomsel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas produk, citra merek, promosi mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pelanggan SIM Card Telkomsel. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan, kualitas produk, citra merek, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa adanya pengaruh parsial dan simultan yang signifikan antara variabel kualitas produk, citra merek dan promosi terhadap loyalitas pelanggan SIM CARD Telkomsel. Untuk variabel kualitas produk, citra merek dan promosi berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan SIM CARD Telkomsel. Nilai adjusted R square adalah 0,715. Hal ini berarti 71,5% peningkatan loyalitas pelanggan SIM CARD Telkomsel dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas produk, citra merek dan promosi. Sedangkan 28,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Kualitas Produk; Citra Merek; Promos; Loyalitas Pelanggan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 06:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 06:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6407 |
Actions (login required)
View Item |