Harahap, Juwita (2020) Pengaruh harga dan promosi terhadap minat pelanggan dalam menggunakan jasa kantor pos Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan penggunaan jasa pada PT. Pos Indonesia yang dilihat dari data transaksi dari bulan Januari hingga bulan Mei pada tahun 2020 yang mengalami penurunan. Penurunan ini dapat disimpulkan bahwa bagaimana pelanggan atau pengunjung mengambil keputusan dalam menggunkan jasa kantor Pos ditengah fenomena persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh harga terhadap minat pelanggan. Apakah ada pengaruh promosi terhadap minat pelanggan dan apakah ada pengaruh harga dan promosi terhadap minat pelanggan dalam menggunakan jasa kantor Pos Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu teori yang dipaparkan ialah teori-teori yang berkaitan dengan harga, tujuan penentuan harga dan strategi penetapan harga, promosi, tujuan promosi, indikator promosi dan promosi menurut islam, dan minat pelanggan, indikator minat serta macam-macam minat. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 68 responden dengan teknik convenience sampling. Pada penelitian ini dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), uji hipotesis (uji t dan uji f) dan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial terdapat pengaruh harga terhadap minat pelanggan di kantor Pos Padangsidimpuan, terdapat pengaruh promosi terhadap minat pelanggan di kantor Pos Padangsidimpuan. Secara simultan terdapat pengaruh harga dan promosi, terhadap minat pelanggan di kantor Pos Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, ST., M.M. dan Azwar Hamid, MA |
Keywords: | Harga; Promosi; Minat Pelanggan |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:44 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6403 |
Actions (login required)
View Item |