Daulay, Nurhasanah (2020) Analisis kualitas pelayanan jasa kesehatan pada puskesmas Desa sihepEng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540200240.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kualitas pelayanan jasa kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk masyarakat umum, baik itu yang kaya dan miskin, karena pelayanan kesehatan merupakan menyangkut tentang kehidupan manusia. Masalah yang sering ditimbulkan dalam pelayanan masyarakat adalah adanya petugas tenaga medis yang kurang memperhatikan pelayanannya kepada masyarakat. Petugas tenaga medis yang ada di Puskesmas Desa Sihepeng tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas pelayanan jasa kesehatan pada Puskesmas Desa Sihepeng, apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa kesehatan pada puskesmas Desa Sihepeng, dan apa saja yang dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistemastis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan data profil Puskesmas Desa Sihepeng, dan observasi, dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, dan memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari serta membuat kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu pemeriksaan perpanjangan keikutsertaan dengan ketekunan pengamatan, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian adalah kualitas pelayanan jasa kesehatan di Puskesmas Desa Sihepeng Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal sudah baik akan tetapi masih kurang dalam bidang keperawatan karena belum tersedianya ruang rawat inap, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Desa Sihepeng membuat program kerja yaitu program kerja wajib dan program kerja perorangan. Puskesmas Desa Sihepeng memberikan bentuk-bentuk pelayanan kesehatan untuk menangani segala penyakit dan keluhan yang dialami pasien. Puskesmas Desa Sihepeng juga menyediakan kotak saran, membuat program kesehatan terjun langsung ke desa-desa, melengkapi peralatan medis, penyuluhan kesehatan di sekolah, memberikan pelatihan kepada pegawai bagaimana untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, dan memfasilitasi puskesmas dengan mobil ambulans.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Arbanur Rayid, MA dan Ja’far Nasution., Lc., M.E.I |
Keywords: | Kualitas Pelayanan Jasa., Kesehatan., Puskesmas |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 02:44 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 02:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6402 |
Actions (login required)
View Item |