Siregar, Hasinah (2020) Zaman keemasan pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul Ulum Nabundong Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara pada tahun 1925-2007. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah penelitian ini bahwa Pondok Pesantren adalah suatu tempat yang tersedia untuk para santri dalam menerima pelajaran-pelajaran agama Islam sekaligus tempat berkumpul di tempat tinggalnya. Sedangkan zaman keemasan dalam persepektif sejarah adalah priode yang mengalami masa kejayaan pendidikan Islam berkembang pesat yang ditandai dengan berkembangnya lembaga pendidikan, Madrasah (sekolah) formal serta universitas-universitas dalam berbagai pusat budaya Islam. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahui Zaman Keemasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul Ulum Nabundong dengan tiga priode yaitu pada tahun 1925-1946, kemudian 1946-1981, dan 1981-2007. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui tahapan-tahapan heuristik mengumpulkan sumber-sumber sejarah dengan cara wawancara dan arsip-arsip berupa akta pendirian pondok pesantren, verifikasi (kritik terhadap data), interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan historis. Dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Dari penelitian yang dilaksanakan mendapat hasil bahwa, Pondok Pesantren Darul Ulum Nabundong berdiri pada tahun 1925 oleh Syech Ahmad Daud Siregar, berlokasi di Hutan Nabundong. Awal berdirinya merupakan tempat parsulukan, Pondok Pesanten ini mengalami perkembangan yang meliputi sarana dan prasarana, dilihat dari musalla yang dulunya di gunakan untuk tempat belajar, sekarang memilki ruangan untuk kegiatan belajar santri. Perkembangan santri pada awal berdiri hanya memilki 50 santri, tahun 1967-1981 hampir mencapai 700 santri. Asal santri yang dulunya dari Desa Gunung Tua Julu, sekarang santri berdatang dari daerah yang berbeda-beda (dari Palas, Paluta, Tapsel, dan Tabangsel). Peran pimpinan mampu membangkitkan karakter dari seorang santrisantrinyah, populeritas pimpinan yang memilki ilmunya yang tinggi, pengetahuannya kuat dan juga karomah, sedangkan Progam kerja yang dulunya fokus di pendidikan kitab kuning saja sekarang diadakannya kegiatan santri, dan juga keamanan santri. Pendidikan Islam pada zaman keemasan pondok pesantren ini yaitu pendidikan yang mampu di kembangkan dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sehat Sultoni Dalimunthe, S.Ag, MA dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Keywords: | Zaman Keemasan; Pendidikan Islam; PP Darul Ulum Nabundong |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 05 Feb 2021 03:06 |
Last Modified: | 05 Feb 2021 03:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6393 |
Actions (login required)
View Item |