Siregar, Asrullah Ariga (2020) Pemanfaatan teknologi pendidikan oleh guru matematika dalam materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1420200081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah tekonologi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan, penerapan tekonologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika masih belum terlaksana secara maksimal, guru belum memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia di sekolah tersebut, seperti pemanfaatan Komputer dan Internet, Infokus, Slide dan Film strip, Overhead Pro yang disediakan oleh sekolah tersebut belum sepenuhnya dipergunakan saat pembelajaran berlangsung dan sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan? Kendala-kendala apa yang ditemukan dalam pemanfaatan teknologi pendidikan dalam pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan? Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi dan wawancara Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Padangsidimpuan, wawancara secara langsung dengan Kepala Sekolah, dan guru Matematika. Dalam penelitian ini didukung oleh data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap masalah yang dideskripisikan.Selanjutnya penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi pendidikan pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 2 padangsidimpuan telah terlaksana meskipun belum sepenuhnya. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran Matematika yang dilaksanakan oleh guru sudah menggunakan beberapa media digital seperti, laptop, komputer, infocus, media gambar, video pembelajaran, penggunaan power point, microsoft word dan aplikasi lainnya baik berupa online maupun offline. Kendala yang dialami guru dalam menggunaan teknologi pendidikan pada materi bangun ruang sisi datar adalah guru tidak paham dalam menggunakan teknologi pendidikan, Keterbatasan teknologi pendidikan seperti jaringan internet yang tidak stabil, Keadaan teknologi pendidikan yang belum memenuhi kebutuhan siswa, dan belum sesuai dengan situasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Mariam Nasution, M.Pd.dan Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Teknologi; Pembelajaran Matematika; Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 02:31 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 02:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6372 |
Actions (login required)
View Item |