Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X-1 SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan

Hutabarat, Risma Dewi (2018) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran mind mapping pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X-1 SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Penyebab rendahnya hasil belajar tersebut diduga karena proses pembelajaran yang belum efektif. Metode pembelajaran yang diterapkan guru belum bervariasi, sehingga siswa menjadi kurang kreatif, siswa masih banyak yang ribut saat pembelajaran berlangsung, siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menjawab soal. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih kreatif dan melibatkan otak kanan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping pada materi sistem persamaan linier (SPLTV) di kelas X-1 SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dengan dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus observer. Instrument yang digunakan yakni observasi dan tes yang berbentuk essay test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sosopan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa dengan perincian siswa laki-laki berjumlah 13 orang dan siswi perempuan berjumlah 17 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan nilai siswa sebelum siklus dan setelah siklus yaitu sebelum siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 43% (13 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 66,93, siklus I pertemuan pertama persentase ketuntasan siswa sebesar 53% (16 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 70,53, siklus I pertemuan ke dua persentase ketuntasan siswa sebesar 66% (20 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 85,03, siklus II pertemuan pertama persentse ketuntasan siswa sebesar 83% (25 dari 30 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 86,1 hal tersebut menunjukkan sudah mengalami perubahan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sosopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; mind mapping; sistem persamaan linier tiga variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 06:15
Last Modified: 16 Apr 2020 06:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item