Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih Pasar Sangkumpal Bonang

Lestari, Adek Z (2020) Analisis proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih Pasar Sangkumpal Bonang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200235.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah banyak konsumen memilih melakukan pembelian di Pasar Sangkumpal Bonang karena fasilitas dan keadaan pasar memenuhi kebutuhan dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian berlanjut di pasar tersebut. Akan tetapi masyarakat di Kelurahan Wek III memilih melakukan pembelian di luar Pasar Sangkumpal Bonang seperti Pasar Ucok Kodok dikarenakan harga barang tertentu yang lebih murah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan pembelian konsumen yang terdiri dari pengertian keputusan pembelian, tahapan-tahapan proses keputusan pembelian, atribut produk, faktor-faktor yang memengaruhi pembelian konsumen, peran dalam proses keputusan pembelian konsumen, struktur keputusan pembelian, faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen, jenis-jenis proses pembelian, jenis-jenis tingkah laku keputusan pembelian, dan teori lain tentang pengambilan keputusan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mencari dan menyusun secara sistemastis data yang diperoleh dari hasil pengamatan lapangan menggunakan deskriptif interpretatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu pemeriksaan perpanjangan keikutsertaan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan auditing. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses keputusan pembelian konsumen dalam memilih Pasar Sangkumpal Bonang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lokasi, harga dan kelengkapan produk. menggunakan tahapan-tahapan keputusan pembelian seperti pengenalan masalah proses pembelian melalui tahapan ini konsumen akan menyadari adanya masalah kebutuhan. Pencarian informasi yaitu konsumen akan mendapatkan informasi dari orang-orang terdekat yang pernah membeli di Pasar Sangkumpal Bonang. Evaluasi alternatif yaitu setelah konsumen menentukan kriteria atau atribut produk atau merek yang dievaluasi, selanjutnya konsumen akan menentukan alternatif pilihan. Keputusan pembelian, setelah konsumen mengevaluasi pembeliannya, konsumen akan memilih Pasar Sangkumpal Bonang sebagai pasar yang dipilih untuk melakukan pembelian. Perilaku pasca pembelian, masyarakat kota Padangsidimpuan begitu puas saat melakukan pembelian di Pasar Sangkumpal Bonang, karena harga dan kelengkapan produk yang ada di Pasar Sangkumpal Bonang sangat baik untuk melakukan pembelian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid dan Rodame Monitorir Napitupulu
Keywords: Keputusan pembelian; konsumen; pasar
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:59
Last Modified: 23 Dec 2020 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item