Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar dikelas V SD Negeri 384 Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal

Hutabarat, Armayani (2020) Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar dikelas V SD Negeri 384 Sikapas Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Peneliti ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar, kesulitan ini antara lain diakibatkan dari beberapa permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar terutama dalam memahami konsep bangun datar, karena pada materi bangun datar ini penyampaiannya harus dijelaskan melalui benda – benda konkrit, karena siswa lebih cendrung memahami masalah yang nyata apalagi siswa SD, kebanyakan anak SD itu lebih menyukai belajar yang dikaitkan dengan kehidupan sehari – hari atau kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam memahami konsep bangun datar, pada bagian mana siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun datar, faktor apa yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dikelas V SD Negeri 384 Sikapas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara yang dilaksanakan di SD N 384 Sikapas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru Matematika kelas V SD N 384 Sikapas. Berdasarkan tes dan wawancara, siswa mempunyai kesalahan yaitu dalam memahami konsep bangun datar. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran hasil belajar siswa memusat pada 65,9 yang berarti nilai siswa berada dibawah KKM. Dalam hal ini siswa tidak memahami bentuk soal yang harus diterjemahkan kedalam kalimat matematika dan siswa tidak memahami rumus yang mana akan dipakai dalam soal tersebut. Faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal seperti: minat belajar siswa yang rendah, kesiapan siswa dalam belajar, dan tidak adanya motivasi. Faktor eksternal seperti: fasilitas sekolah kurang memadai, teman – teman yang tidak mendukung dalam pembelajara, metode pembelajaran yang tidak menyenagkan, kurangnya guru dalam memberi contoh pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni dan Mariam Nasution
Keywords: Hasil belajar siswa; bangun datar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:43
Last Modified: 23 Dec 2020 03:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item