Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Islamiyah Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Nurhabibah, Nurhabibah (2020) Pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Islamiyah Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, hal ini terlihat dari perbedaan persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru pada pelajaran matematika yang sedang berlangsung, seperti kurangnya semangat dan usaha siswa untuk konsentrasi, kurangnya keinginan dan usaha siswa untuk bertanya dalam belajar. Berdasarkan latar belakang masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Islamiyah Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi sederhana digunakan untuk mengetahui keeratan hubungan antara hasil pengukuran terhadap dua variabel yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan pemilihan sampel secara acak sederhana (simple random sampling), yaitu dengan mengambil sampel 1 kelas yang terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data digunakan rumus uji-F. Hasil penelitian ini adalah pengaruh keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Islamiyah Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % yang diperoleh termasuk kategori rendah/lemah, koefisien deterninannya (KD) = 3,96% sehingga diperoleh dengan dibandingkan dengan dk = 23-2 = 21 maka = 0,433. Karena yakni > 0,433, sehingga diterima ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Islamiyah Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Drs. Hamlan, MA
Keywords: Keterampilan Menjelaskan Guru; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:19
Last Modified: 23 Dec 2020 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item