Bosriadi, Bosriadi (2020) Efektivitas keterampilan menjelaskan guru fikih di MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100040.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sedikitnya siswa yang paham dengan penjelasan guru serta monotonnya guru dalam memberikan penjelasan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektifitas keterampilan guru memberikan penjelasan di MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Efektivitas adalah adanya kesesuaian anatara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Keterampilan menjelaskan ialah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik. Untuk itu ada hubungan yang satu dengan yang lain. Adapun untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metode deskriptif, yaitu peneliti yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Adapun instrumen pengumpulan data digunakan wawancara dan observasi. Menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru fikih dan siswa di MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut: editing data, reduksi data, menyusun dalam satuan, menafsirkan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian kualitatif analisis data merupakan tahap yang bermanfaat untuk menelaah data yang telah di peroleh dari beberapa informasi yang telah dipilih selama penelitian berlangsung. Analisis data ini telah dilakukan sejak awal dan bersamaan dengan proses pengumpulan data di lapangan. Setalah penelitian ini dilakukan maka diperolehlah hasil bahwa efektivitas keterampilan menjelaskan Guru Fikih di MTs Darul Istiqomah Padangsidimpuan masih tergolong kurang efektif atau masih rendah, karena dalam proses mengajar masih ada guru yang kurang menguasai komponen dalam keterampilan menjelaskan seperti, perencanaan dalam penyajian, pemberian contoh serta dalam pemberian penjelasan dan mengajukan pertanyaan. Dilihat dari hasil observasi peneliti. Dengan kurangnya respon siswa terhadap apa yang disampaikan oleh gurunya maka tujuan dari pembelajaran bisa dikatakan kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, MA dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Keterampilan Guru; Keterampilan Menjelaskan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 03:00 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 03:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6265 |
Actions (login required)
View Item |