Sari, Dia Purnama (2020) Pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk KFC (Studi Kasus pada Konsumen KFC Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640200134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Dengan jumlah penduduk yang banyak dan bermayoritaskan agama Islam, Indonesia adalah pasar yang menggoda untuk pemasaran produk halal. maka dari itu setiap perusahaan di Indonesia untuk selalu kreatif dalam menerapkan strategi pemasaran yang tujuannya adalah mampu bersaing. Salah satu strategi yang digunakan untuk menarik pangsa pasar ini adalah dengan mencantumkan label halal oleh MUI serta menawarkan varian harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat. Kentucky Fried Chicken (KFC) Padangsidimpuan merupakan makanan siap saji yang memiliki label halal dan menawarkan harga yang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah labelisasi halal dan harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal dan harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan labelisasi halal, harga dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (koefisien determinasi, uji t dan uji f). Untuk mempermudah proses analisis data penelitian ini maka dibantu dengan program SPSS versi 21. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,728 > 1,660). Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan dengan nilai thitung < ttabel (0,639 < 1,660). Sementara secara simultan labelisasi halal dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,835 > 2,36). Nilai Adjusted R2 sebesar 33,9% variabel labelisasi halal dan harga memengaruhi variabel keputusan pembelian produk KFC Padangsidimpuan, dan sisanya sebesar 66,1% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Aswadi Lubis, SE., M.Si dan Rodame Monitorir Napitupulu, M.M |
Keywords: | Labelisasi halal; Harga; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 22 Dec 2020 03:20 |
Last Modified: | 22 Dec 2020 03:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6263 |
Actions (login required)
View Item |