Siregar, Mastiega (2018) Kesiapan siswa dalam belajar matematika di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timut Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Adapun latar belakang penelitian terlihat bahwa dalam proses pembelajaran di kelas sering ditemukan siswa yang serius dalam mengikuti pelajaran, terutama dalam pelajaran matematika. Siswa selalu berpandangan bahwa matematika itu sulit dipahami, dimengerti, dan pelajaran yang sangat membosankan. Dengan kurangnya kesiapan belajar siswa sangat mempengaruhi hasil belajar yang tidak bagus. Siswa yang belum memiliki kesiapan tidak akan dapat mengikuti pelajaran dengan baik, bahkan tidak dapat memahami pelajaran samasekali. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana minat belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, bagaimana sikap belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, serta bagaimana kebiasaan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Berdasarkan latar belakang teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kesipan siswa dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, mengetahui sikap belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan, serta mengetahui kebiasaan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu suatu metode yang mengambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian berlangsung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari 20 orang siswa. Instrument penelitiannya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa di antara 20 siswa kelas IX-1 di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan hanya 3 sampai 5 orang siswa yang dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Karena dari awal belajar matematika, siswa selalu berpendapat bahwa matematika itu sulit, oleh sebab itu hal yang ada dalam pikirannya akan mempengaruhi minat, sikap, dan kebiasaan yang tidak baik dalam belajar. Sehingga dapat dikategorikan bahwa siswa belum siap dalam proses belajar kelas matematika kelas IX-1 di SMP Negeri 2 Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar; matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 06:04 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 06:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/625 |
Actions (login required)
View Item |