Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan produk UD. Salacca Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Ernida (2020) Pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan produk UD. Salacca Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1640200034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

UD. Salacca merupakan industri kecil menengah yang bergerak di bidang pengelolahan buah salak yang berdomisili di Parsalakan, Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan serta hasil penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu bagi peneliti, bagi perusahaan dan bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori bidang ilmu ekonomi. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pemasaran, saluran distribusi, dan penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah data tingkat pemasaran 361 dan laporan penjualan 39.350 mulai dari Mei 2017- Desember 2019. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah saluran tingkat pemasaran 361 dan volume penjualan 39.350 sebanyak 32 bulan mulai Mei 2017- Desember 2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Wawancara dan dokumentasi dari laporan penjualan secara manual. Data diperoleh dari UD. Salacca Kabupaten Tapanuli Selatan kemudian diolah dengan bantuan SPSS versi 23. Teknik analisis data yaitu Uji Normalitas, Uji Linearitas, Analisis Regresi Sederhana, Uji Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Parsial (Uji t). Berdasarkan hasil pengolahan data dari penelitian yang berjudul “Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk UD. Salacca Kabupaten Tapanuli Selatan” maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Saluran Distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Volume Penjualan yang dibuktikan dengan thitung>ttabel = (10.056>2,771 ) dengan nilai signifikansi <0,01 (0,000<0,01). Persamaan regresi linier sederhana yaitu Y= a + bX, maka Y= 859.148 + 193.103X, Konstanta (a) sebesar 859.148 artinya jika variabel saluran distribusi nilainya adalah 0, maka variabel volume penjualan nilainya 859.148 kotak. Koefisien regresi variabel saluran distribusi bernilai positif sebesar 193.103 menunjukkan bahwa apabila saluran distribusi meningkat 1% maka volume penjualan akan mengalami peningkatan sejumlah 193.103 kotak. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara saluran distribusi dan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Arbanur Rasyid, M.A. dan Azwar Hamid, M.A.
Keywords: Saluran Distribusi; Volume Penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:21
Last Modified: 21 Dec 2020 02:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6233

Actions (login required)

View Item View Item