Hayati, Fitria Fadillah (2020) Pengaruh penggunaan alat peraga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (think-pair-share) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, karena proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih jarang menggunakan alat peraga dan menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran matematika selama ini masih cenderung berpusat pada guru tanpa menggunakan alat peraga dan model pembelajaran yang bervariasi ketika proses belajar berlangsung. Oleh karena itu peneliti menyakini bahwa penggunaan alat peraga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhdap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan alat perga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen model Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Angkola yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 139 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberi perlakuan 25 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 25 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Hasil Pengujian uji-t diperoleh nilai rata-rata kelas experimen menggunakan alat peraga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (Think-PairShare) diperoleh rata-rata posttest yaitu 83 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh rata-rata posttest yaitu 73,8576. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung 3,632 t tabel 2,01063 pada taraf signifikansi α=0,05 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan alat peraga kubus dengan model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni dan Lelya Hilda |
Keywords: | Alat peraga kubus; model kooperatif tipe TPS (think-pair-share); hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 04:04 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 04:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
View Item |