Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan barisan aritmatika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan

Dalimunthe, Elyasna (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan barisan aritmatika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1620200072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Barisan Aritmatika di kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Hal ini disebabkan karna proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru (Teacher Center), tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah juga kurangnya keberanian siswa dalam mengungkapkan apa yang dipikirkannya. Maka untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa peneliti menawarkan satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Barisan Aritmatika di kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Barisan Aritmatika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI MAS Darul Mursyidi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Dengan subjek penelitian kelas XI yang berjumlah 15 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi, sedangkan teknik analisis instrumen yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar matematika siswa pokok bahasan Barisan Aritmatika dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Peningkatan hasil belajar siswa itu dapat dilihat pada indikator tindakan, dimana siswa sudah melewati nilai KKM ( 75) dengan nilai rata-rata 83,00 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 93,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan Barisan Aritmatika kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan. Maka hipotesis penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Erawadi, M.Ag
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar Matematika; Barisan Aritmatika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:59
Last Modified: 10 Dec 2020 03:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item