Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi standar proses pembelajaran matekatika di kelas VII MTs.S NU Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas

Nasution, Sartina Khairani (2018) Implementasi standar proses pembelajaran matekatika di kelas VII MTs.S NU Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan standar proses dalam hal melakukan pelaksanaan pembelajaran Matematika berlangsung di kelas VII. Masih banyak siswa yang bingung dan kurang memahami pelajaran Matematika yang di jelaskan oleh guru. Sehingga siswa mendapat hasil belajar Matematika yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengawasan pembelajaran, guru Matematika dalam melakukan proses belajar mengajar berlangsung dan bagaimana siswa mengikuti pembelajaran Matematika di kelas VII MTs.S NU Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan dan kondisi yang sebenarnya di lapangan yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini di gunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran Matematika di kelas VII bahwa guru Matematika memiliki dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru Matematika secara mandiri. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika tidak sepenuhnya berstandar. Mulai dari jumlah buku pembelajaran belum sepenuhnya berdasarkan aturan yang ada. Guru Matematika dalam pelaksanaan pembelajaran sebagian telah melakukan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sebagian belum beragam. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru yaitu dengan melakukan penilaian otentik dan hasil belajar Matematika siswa masih kurang memuaskan. (4) Pengawasan pembelajaran terhadap guru Matematika sudah dilakukan Kepala Madrasah, pemantauan dilakukan dengan melihat dokumen-dokumen yang dimiliki guru dan melihat kehadiran guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Standar Proses; Guru Matematika; Proses Pembelajaran
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Apr 2020 04:10
Last Modified: 31 Aug 2020 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item View Item