Lubis, Elmi Afrina (2020) Perbandingan hasil belajar mata kuliah pengantar dasar matematika berdasarkan latar belakang pendidikan mahasiswa program studi/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620200064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah adanya berdasarkan observasi peneliti hasil belajar pada mata kuliah pengantar dasar matematika mahasiswa tadris matematika alumni SMA lebih baik di bandingkan mahasiswa alumni SMK, karena mahasiswa yang berasal dari SMA lebih banyak jam mata pelajaran matematika di bandingkan yang berasal dari SMK yakni SMA mempunyai jam pelajaran matematika 4X45 menit, sedangkan jam mata pelajaran matematika untuk SMK 2X45 menit disetiap minggunya, jadi dari latar belakang pendidikan mahasiswa tersebut pasti terdapat perbedaan yang signifkan antara mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dengan SMA. Masalah penelitian ini bagaimana hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas pada matakuliah Pengantar Dasar Matematika, bagaimana hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dan apakah terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Kejuruan pada matakuliah Pengantar Dasar Matematika. Jenis penelitian adalah Penelitian Kuantitatif yang berbentuk Komparasi yang mencari perbandingan antara lulusan Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Matakuliah Pengantar Dasar Matematika. Populasi berjumlah 164 orang mahasiswa dan Sampel Penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengelolaan Data dengan statistik rumus T-test. Hasil Analisis Data menunjukkan bahwa nilai mean untuk variabel X1 hasil belajar Pengantar Dasar Matematika Sekolah Menengah Atas sebesar 78,3 dan mean variabel X2 hasil belajar Pengantar Dasar Matematika Sekolah Menengah Kejuruan sebesar 75,5, nilai korelasi keduanya sebesar 0.02. pengujian Hipotesis bahwa diperoleh t hitung 1,3880 < t tabel untuk taraf 5% sebesar 2,0021 dan untuk taraf 1% sebesar 2,528. Hal ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Menengah Kejuruan pada matakuliah Pengantar Dasar Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika; Latar Belakang Pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 03:46 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 03:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6199 |
Actions (login required)
View Item |