Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan hafalan Al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan

Pohan, Sri Hairani (2010) Pelaksanaan hafalan Al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
06 310 959.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (694kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “ Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan” permasalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis mengunakan pendekatan analisa kualitatif dengan mengunakan field research (riset lapangan) dengan mengunakan instrumen pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diperoleh kesimpulan bahwa program hafalan al-Qur’an ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mendekatkan siswa/i dengan al-Qur’an yang merupakan sumber ajaran Islam. Program menghafal al-Qur’an diwajibkan atas setiap siswa sebanyak 2 juz yaitu juz 30 dan juz 1. Dalam pelaksanaanya diupayakan agar setiap siswa/i dapat menyelesaikan program hafalan ini selama dua tahun yaitu juz 30 pada kelas X dan juz 1 pada kelas XI. Dengan tujuan agar di kelas XII siswa/i akan lebih fokus pada ujian akhir. Sehingga waktu lebih banyak digunakan untuk belajar dengan serius. Akan tetapi pada pelaksanaannya hanya sedikit siswa/i yang menyelesaikan program hafalannya pada kelas XI. Secara garis besar masih banyak yang menyelesaikannya pada kelas XII. Faktor pendukung pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan. Antara lain: adanya dukungan yang penuh dari Kepala Sekolah, motivasi dari guru hafalan al-Qur’an, kemauan siswa/i yang tinggi dalam menghafal al-Qur’an, sertifikat. Adapun faktor penghambat pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsidimpuan adalah: kurang kerjasama antara guru hafalan al-Qur’an dengan orang tua siswa/i dalam memelihara ayat yang telah dihafal, sebagaian murid yang malas untuk menghafal, susahnya memelihara ayat yang telah dihafal, kurangnya pemahaman siswa terhadap ayat yang mereka hafal kemudian setelah mereka menyetorkan ayat tersebut siswa/i mengganggap selesai begitu sehingga mudah lupa, kurangnya minat siswa/i untuk mengaplikasikan ayat yang telah dihafal sebagai ayat ketika sholat, kurangnya sarana yang disediakan dalam pelaksanaan hafalan al-Qur’an di MAN 2 Padangsimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan H. Ali Anas Nasution, Lc. MA.
Keywords: Hafalan Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:05
Last Modified: 08 Dec 2020 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6191

Actions (login required)

View Item View Item