Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMK N 2 Padangsidimpuan

Zai, Delvina Yanti (2010) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMK N 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 875.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (701kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SMK N 2 Padangsidimpuan”, yaitu suatu pembahasan tentang pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an, masalah yang ditemukan dan usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SMK N 2 Padangsidimpuan, masalah apa saja yang ditemukan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SMK N 2 Padangsidimpuan, usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan baca tulis alQur’an di SMK N 2 Padangsidimpuan. Dalam menyusun skripsi ini dilaksanakan riset lapangan (field research), untuk itu instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, interviu dan observasi. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif. Dari pembahasan yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SMK N 2 Padangsidimpuan adalah dilaksanakan untuk menanggulangi permasalahan yang berhubungan dengan membaca dan menulis al-Qur’an, bagaimana perhatian guru ke siswa waktu belajar baca tulis al-Qur’an, tidak adanya media yang dibawa dalam pembelajaran, apa ada siswa yang menulis di papan tulis secara bergantian dan metode yang digunakan guru dalam mengajar. Serta siswa memperoleh keterangan dari guru baca tulis alQur’an tentang adab dalam membaca al-Qur’an, penjelasan tujuan pembelajaran baca tulis al-Qur’an dan pentingnya membaca al-Qur’an. Masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran baca tulis al-Qur’an yaitu belum memadainya alat pembelajaran baca tulis al-Qur’an seperti buku-buku tentang al-Qur’an (ilmu tajwid). Dan pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang tidak berjalan sesuai dengan kurikulum yang ada. Serta latar belakang pendidikan siswa yang berbeda menyebabkan masih ada siswa yang belum bisa membaca dan menulis al-Qur’an. Dan usaha yang dilakukan guru dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis al-Qur’an yaitu memotivasi siswa dan menumbuhkan minat belajar siswa dengan cara melakukan perlombaan pada acara Isra’ Mi’raj dan Maulid Nabi SAW serta mengaktifkan mesjid sebagai fasilitas dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an dan mengelompokkan siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an, serta memberikan pekerjaan rumah (PR) yaitu menghapal dan menulis al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muslim Hasibuan dan Ismail Baharuddin
Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an; pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:16
Last Modified: 08 Dec 2020 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item