Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya pemberdayaan Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan sebagai lembaga pendidikan Islam

Khoiriyah, Anni (2010) Upaya pemberdayaan Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan sebagai lembaga pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
05 310 832.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (576kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya pemberdayaan Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan sebagai Lembaga Pendidikan Islam”, sehingga muncul permasalahan dalam penelitian yaitu upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan untuk memberdayakan Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah ingin menelusuri dan mengetahui upaya-upaya dalam memberdayakan Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Metode penelitian ini menggunakan field reseach (riset lapangan) dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Mesjid Ulul ‘Ilmi STAIN Padangsidimpuan mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai tempat pelaksanaan peribadatan, tempat pertemuan dan musyawarah, tempat perlindungan, tempat kegiatan sosial, tempat penerangan dan madrasah ilmu, dan tempat berdakwah. Upaya pemberdayaan Mesjid Ulul ‘Ilmi sebagai lembaga pendidikan Islam yaitu sering diadakan pengajian, şalat berjamaah, ceramah / dakwah, memperingati harihari besar Islam, menyediakan majalah dinding, dan membuat kepengurusan mesjid. Kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya pemberdayaan mesjid yaitu kurangnya kerjsama antara sesama pengurus, kurangnya kesadaran pihak kampus (pegawai, dosen, staf, mahasiswa) terhadap pelaksanaan şalat berjamaah, kurangnya minat mahasiswa mengikuti majelis taklim, solusi yang ditawarkan dalam upaya pemberdayaan mesjid Ulul ‘Ilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yaitu perlu ditanamkan bagaimana manfaat dan fungsi Mesjid pada masa Rasulullah SAW untuk dikembangkan pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Pengurus Mesjid perlu melakukan pendekatan individual untuk menyentuh hati jamaah, dan pengurus Mesjid boleh meminta pendapat dari jamaah yang lain tentang apa saja kegiatan yang perlu diselenggarakan di Mesjid ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Erawadi dan Anhar
Keywords: Lembaga pendidikan Islam; mesjid
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:49
Last Modified: 08 Dec 2020 03:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item