Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Pondok Pesantren Ma’had Al-Amin Mompang Kecamatan Barumun

Nasution, Rahma Erlina (2009) Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa Pondok Pesantren Ma’had Al-Amin Mompang Kecamatan Barumun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
04 310 716.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (502kB)

Abstract

Perumusan masalah dari judul di atas adalah apakah faktor-faktor yang dapat meningkatkan prestasi pendidikan agama Islam siswa Pondok Pesantren Ma’had AlAmin Mompang Kecamatan Barumun. Apakah upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang penguasaan materi di Pondok Pesantren Ma’had Al-Amin Mompang Kecamatan Barumun. Apakah upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang metode pengajaran di Pondok Pesantren Ma’had Al-Amin Mompang Kecamatan Barumun. Apakah upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang penggunaan media di Pondok Pesantren Ma’had Al-Amin Mompang Kecamatan Barumun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan prestasi pendidikan agama Islam siswa. Untuk mengetahui upayaupaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang penguasaan materi. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang metode pengajaran. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa bidang penggunaan media. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk menggambarkan gejala-gejala atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat di lapangan. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Faktor-faktor yang mempengaruhi meningkatnya prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa adalah ada dua faktor intern dan faktor ekstern. Faktor Intern (faktor yang terdapat dalam diri siswa) yaitu kecerdasan, bakat, perhatian, kebiasaan belajar, minat dan motivasi. Faktor ekstern (faktor yang terdapat dari luar diri siswa) yaitu keluarga, sekolah, masyarakat. Upaya yang dilakukan guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa bidang penguasaan materi pendidikan agama Islam. Bidang penguasaan materi Qur’an Hadist yaitu dengan memahami materi pelajaran, membaca buku-buku yang relevan dengan materi 11 Qur’an Hadits serta dapat menjelaskan maksud dan tujuan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Bidang pengusaan materi akidah akhlak yaitu memahami materi pelajaran membaca buku-buku yang relevan dapat menjelaskan serta tujuan materi yang diajarkan sehingga siswa dapat memahami apa yang dijelaskan guru. Bidang pengusaan materi fiqih yaitu membaca buku-buku yang relevan, memahami materi pelajaran, dapat menjelaskan materi serta mempraktekkannya di kelas, kemudian menjelaskan tujuan pelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang metode pengajaran pendidikan agama Islam.Bidang metode pengajaran Qur’an Hadist yaitu metode caramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode hafalan, metode kisah, metode demonstrasi dan metode drill. Bidang metode pangajaran akidah akhlak yaitu metode caramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode sosio drama, metode keteladanan, metode kisah dan metode drill. Bidang metode pengajaran fiqih, metode caramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, dan metode drill. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang penggunaan media pendidikan agama Islam. Bidang Penggunaan Media Qur’an Hadist yaitu Al-Qur’an, Buku Hadits, Poster, TV. Bidang Penggunaan Media akidah akhlak yaitu buku akidah akhlak, buku cerita, poster. Bidang Penggunaan Media fiqih yaitu buku fiqih, boneka, kain kafan, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Irwan Saleh Dalimunthe dan Magdalena
Keywords: Pendidikan Islam; prestasi siswa; pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:40
Last Modified: 08 Dec 2020 03:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item