Lubis, Pinni (2020) Strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran akidah ahlak kelas VII A di Yayasan Pendidikan Al-Ma’arif Riyadussalihin Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1620100026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan mutu pembelajaran akidah akhlak dapat dilihat dari siswa yang lulus memiliki ilmu tapi kurang dalam bidang akhlak baik seperti tidak mengindahkan peringatan guru dan mengulang kesalahan yang sama, seperti saat terlambat datang ke sekolah siswa malah tidak malu dan tidak menunjukkan sikap yang bersalah saat melanggar tata tertib sekolah. Padahal melalui pembelajaran akidah akhlak diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan bimbingan kepada siswa agar mau menghayati dan mengamalkan ajaran Islam tentang akhlak, baik yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Allah, manusia dengan dirinya, dan manusia dengan alam lingkungannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII A Yayasan Pendidikan Al-Ma‟arif Riyadussalihin. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VII A Yayasan Pendidikan Al-Ma‟arif Riyadussalihin. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menelaah, klasifikasi data, reduksi data, memeriksa keabsahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran akidah ahlak kelas VII A di Yayasan Pendidikan Al-Ma‟arif Riyadussalihin Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, pertama, Strategi performan guru, yaitu guru berupaya berpenampilan menarik, berwibawa, dan sopan. Kedua strategi penguasaan materi, yaitu guru memahami materi secara komprehensif dan memetakan poin-poin serta memberikan rangkuman. Ketiga. strategi variasi metode mengajar. Hal ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif seperti model kooperatif learning dan kontekstual learning. Keempat strategi pendayagunaan alat/fasilitas, yaitu menggunakan beberapa media dan alat pengajaran seperti penggunaan media laptop, power point dan video pendek dari YouTube, dan sumber belajar Al-Qur‟an serta buku. kelima, strategi pelaksanaan pendidikan karakter, yaitu strategi ini dilakukan dengan pengaplikasian sopan santun dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa. Keenam, strategi peningkatan profesionalisme, yaitu melalui beberapa kegiatan seperti melakukan dan musyawarah guru mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.Anhar,MA dan Latifa Annum Dalimunthe,M.PdI |
Keywords: | Strategi, Guru, Meningkatkan, Mutu, Pembelajaran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 02:36 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 02:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/6179 |
Actions (login required)
View Item |